Pertama Kali Sharing tentang Karya Tulis

No comments

Aku tidak pernah membayangkan bahwa pengalaman pertama berbicara di depan umum ku dilakukan di hadapan sekitar 2000 orang.

Jumlah yang sangat banyak untuk seorang amatiran.

Ditambah dengan disorot kamera dan muka yang terpampang besar di layar. Malu sendiri liatnya di foto betapa ekspresiku benar2 tidak terkontrol, wajah bingung ga tau harus ngapain🤣.


Kenapa bisa?

Cerita ini dapat terjadi karena tugas cpns yang salah satunya adalah membuat karya tulis.

Alhamdulillah.
Tak disangka karya tulis ku terpilih menjadi yang terbaik mewakili bidang jabatan fungsional (jafung) yang aku ambil, teknik penyehatan lingkungan (TPL). Awalnya terpilih 5 yang terbaik dari tiap jafung lalu dipilih lagi satu untuk jadi perwakilan masing-masing jafung. 

Akhirnya, terpilih 5 orang perwakilan dari tiap jafung untuk mengisi acara sharing tentang karya tulis di acara penyambutan cpns formasi 2018 dan pelepasan pns formasi 2017 pada 22 April 2019 lalu.

Sebenarnya aku tidak yakin juga di antara seluruh cpns TPL, karya tulisku yang terbaik. Separuh lebih cpns tidak turut serta memasukkan karya tulis karena semua laki-laki TPL saat itu menjadi volunteer gempa lombok dan mereka tidak jadi diwajibkan untuk membuat karya tulis.

Yang bikin lucu mungkin juga dramatis dari cerita dibalik ini adalah engga ada yang mengira bahwa lotre itu jatuh pada orang yang tidak disangka-sangka. Orang yang kesannya nyantai banget dan terkesan ‘less effort’.

Bahkan yang bikin aku senyum sendiri mengingatnya adalah topik karya tulisku ini awalnya disarankan mentor untuk ganti, cuman aku kekeuh aja ngerjainnya sendiri karena menurutku aku lebih bisa mengerjakan topik ini dibandingkan yang lain. Topik karya tulisku ini kalau di kuliah dulu dipelajarinya di kelas modelling lingkungan, matkul pilihan di teknik lingkungan yang gak diminati banyak orang. Entah kenapa aku punya minat dan kelebihan di bidang-bidang yang gak banyak diminati orang. Wkwkwk.

Aku yakin mungkin di antara teman-teman yang lain ada yang lebih niat, lebih bagus idenya, lebih extra usahanya dalam membuat tugas karya tulis ini.

Kalau mengutip kata dari temanku, rezeki memang setipis itu. Sudah ditentukan dan gak mungkin ketukar. Jadi jangan khawatir dan ingatlah selalu bersyukur atas apa yang didapat dan dimiliki saat ini.


Percaya gak untuk persiapan maju ke depan ini sesungguhnya lebih effort dibandingkan saat pengerjaan kti itu sendiri? 🤣🤣

Bahkan persiapannya butuh dua hari: satu hari untuk simulasi dan satu hari untuk menghapal teks. Bersyukur ada temanku tiwi yang bersedia untuk melatihku untuk ngomong lebih percaya diri.

Untuk seorang anak introvert yang tidak terlatih untuk banyak bicara di depan umum dan hampir selalu nge-blank akan apa yang ingin disampaikannya saat lagi deg-degan, solusinya adalah dengan menghapal teks.

Aku tidak menemukan cara lain yang terbaik selain menghapal karena apa kata orang yang ‘sampaikan aja dengan lepas’ itu sangat tidaklah mudah. Jadi gak perlu malu  menghapal teks kalau memang belum mampu, betul kan?

Untuk beberapa orang, boro-boro bisa ngomong lancar, berpikir saja tidak lancar jika dalam kondisi deg-degan. Dalam kondisi normal saja, kadang kecepatan antara mulut dan pikiran saja bisa tidak sinkron. Sering kali ada kata yang hilang ketika penyampaian yang membuat pesan jadi tidak utuh

Oiya, saat tampil disana sebenarnya ada jawaban yang sudah dipersiapkan kalau-kalau ditanya:

Apa sih tips-tipsnya untuk mengerjakan karya tulis ini?

Tapi sayangnya gak sempat dapat giliran pertanyaan itu hehehe. Sebenarnya aku mau menyampaikan ini: dari aku yang terpenting ada dua

  1. Pilih topik yang kamu senangi dan topik yang effort untuk mengerjakannya sesuai dengan alokasi waktu, sumber daya, dan tenaga yang tersedia. Kerjakan sesuatu yang serealistis mungkin untuk dikerjakan
  2. Tulislah karya tulis sesuai dengan kaidah karya tulis, minimal sistematis dan daftar pustaka harus jelas
IMG_0057
Ini dapat bangku paling rendah makanya terlihat kecil wkwk
IMG_0077
Mungkin ini maksudnya: semangat ya kamu pasti bisa melewati satu tahun ini ahaha

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s