D-10: Nostalgia 5 Film/Drama Keren Berkesan Dari Jepang, Korea, dan Barat

2 comments

Sudah lama rasanya tidak membaca buku yang ringan. Terakhir punya novel-novel remaja teenlit itu saat SMA. Masih ingat dulu kalo udah punya buku baru rasanya pengen dilahap habis dalam satu hari. Tapi sekarang mulai pilih-pilih ingin bacaan yang ada ‘isinya’. Tapi mata gak bisa bohong, baru baca-baca berapa halaman sudah mengantuk. Akhirnya dalam satu bulan ini belum ada buku baru yang selesai dibaca.

Ada beberapa buku favorit yang menurut saya bacanya gak bikin ngantuk. Jadi langsung saja mereka adalah…
.
.
Tidak ada.

Kena deh. Wkwk.

Kan dah jelas judulnya film.

Kalau disuruh pilih, saya lebih suka nonton dibanding baca. Alasannya karena kena cahaya layar monitor gak bikin mudah ngantuk. Itu aja.

Kenal film-film luar itu sejak SMA. Mulai dah tuh ngerti sama yang namanya download film bajakan. Ingat banget dulu kecepatan download wifi di rumah cuma 50-80an kbps, kegiatan pulang sekolah download filem dulu sejam sampai dua jam. Dulu streaming belum sekencang sekarang, belum ada kuota unlimited. Wifi masih mahal dan kuota internet wifi cuma 1 gb/bulan, kalau kelebihan kena tambahan bayar/internet nya jadi lemot.

Back to that time, ada 5 film atau drama yang berkesan sampai sekarang. Tontonan favorit saya kala itu drama-drama jepang lalu naik kelas ke film barat.

1. Shawsank redemption

shawshankredemptionmovieposter

Posisi kedua ditempati oleh shawsank redemption. Nah, yang ini bukan drama melainkan film barat.

Film in bercerita tentang seorang banker yang menjadi tersangka pembunuhan istrinya. Akhirnya banker ini kalah di persidangan dan masuk penjara paling ketat di negara itu yang bernama shawsank.

Yang keren dari film ini adalah bagaimana si banker tersebut menghadapi kerasnya kehidupan di penjara namun tidak pernah putus harapan untuk bisa keluar dari penjara itu karena memang sebenarnya bukan dialah yang bersalah. Selain itu ada lagi cerita bagaimana perjuangannya mengusulkan kepada kelapa penjara agar diberikan fasilitas perpustakaan dan buku-buku di penjara tersebut dan mengajar para tahanan lainnya disana.

Nah ini part yang paling bikin deg-degan. Pada suatu pagi, diketahui si banker menghilang dari selnya. Sel masih dalam keadaan terkunci dan rapi tidak ada tanda-tanda mencurigakan. Seisi penjara terkejut tidak bisa menemukan jejak si banker ini.  Bagaimana caranya dia menghilang menjadi misteri keren yang harus ditonton dalam film ini! Top markotop lah bikin penasarannya.

Setelah ini, list berikutnya akan diisi dengan drama.

2. 1 Litre of tears

200px-1_litre_of_tears_series

Sesuai judulnya, drama ini akan membuat kamu termewek-mewek melihat tokoh utamanya yang sakit keras namun tetap semangat hidup. Tau sinetron buku harian nayla? Nah itu adalah adaptasi dari drama jepang berjudul 1 Litre of Tears ini.

Yang berkesan dari drama ini adalah semua aktor disini benar-benar menghayati perannya. Biasanya saya nonton drama sedih gak gampang ikutan nangis, tapi nonton drama ini saya ikutan sedih juga untuk pertama kalinya.

Adegan nangisnya disini elegan, ga ada tangisan teriak-teriak, meraung-raung, atau semacamnyalah. Saking kerennya ni drama, gi tokoh utamanya belum nangis, penontonnya udah nangis duluan. Aktornya baru ngeluarin air mata dikit aja, penonton nangis bombay terisak isak.

3. Tokyo dogs

tokyo_dogs

Ini adalah drama jepang genre detektif. Nonton ini gara-gara ada shun oguri, si aktor yang sering peranin tokoh-tokoh yang cuek ga banyak omong tapi peduli. J-drama ini menceritakan tentang 2 orang detektif dimana tiap episodenya mereka memecahkan kasus yang berbeda-beda.

Selain mereka berdua, ada seorang perempuan yang amnesia dan ikut juga membantu menyelesaikan kasus sambil dia menemukan kembali ingatannya yang hilang. Kesimpulannya, film detektif ga pernah mengecewakan!

4. Galileo

2ilbs5w

Lagi-lagi ini juga drama jepang genre detektif, tapi yang ini lebih spesial. Dari judulnya bisa ketahuan kan kalo j-drama satu ini berkaitan dengan ilmu fisika.

Jadi drama ini menceritakan seorang fisikawan yang diminta bantuannya untuk memecahkan berbagai kasus kejahatan. Mulai dari kasus pembunuhan biasa sampai kasus yang dikira ada ilmu mistisnya. Selama menyediliki kasus dia bekerja sama dengan detektif perempuan yang gak kalah kerennya juga.

 

Pokoknya gilaklah si fisikawan ini bisa mengungkap berbagai kasus yang dianggap mistis menjadi logis tersebut dengan menganalisisnya rumus-rumus fisika itu. Drama galileo ini udah punya 2 session.

5. Signal

250px-signal_korean_drama

Nah yang satu ini beda, punyanya k-drama, tapi tetap pilihannya genre detektif. K-drama ini menceritakan tentang seorang detektif di masa kini yang bisa berhubungan dengan detektif masa lampau melalui walkie talkie. Kedua detektif ini kemudian bekerjasama untuk menyelesaikan kasus-kasus puluhan tahun yang belum terselesaikan hingga masa kini dan mencegah kejahatan tersebut terjadi.

Tidak semua kasus dapat benar-benar diselesaikan dengan baik. Ternyata setiap detektif baru yang spesial criminal profiler memberi bantuan kepada detektif lama untuk menyelidiki kasus tersebut, maka kejadian di masa detektif saat ini juga akan berubah. Cerita baiknya adalah detektif lama bisa dapat menyelamatkan korban. Tapi tidak  semua berakhir dengan cerita baik, ternyata kejahatan tidak benar-benar bisa dicegah, korban tetap ada walaupun dengan orang yang berbeda.

Insight yang didapat dari menonton ini bahwa kita tidak bisa mengubah takdir. Bagaimana pun dicegah takdir tersebut tetap akan terjadi, walaupun dengan jalan cerita yang berbeda. Dan lagi, tiap episode kasus yang ditangani beda-beda dan makin lama makin rumit, jadi bikin penonton ga sabaran untuk lanjut terus nonton tiap episodenya.

***

Memang, nonton drama genre detektif adalah pilihan terbaik. Ada cerita berbeda yang diangkat tiap episodenya sehingga membuat penonton (seperti saya) ga cepat bosan dan ga berkomentar “yaelah gitu doang ni drama”.

Selalu ada insight yang bisa diambil, dari sisi membaca psikologis kriminalnya, kerja keras detektifnya, dan bagaimana perjuangan menemukan fakta dibalik kejahatan itu terjadi. Yang bikin seru dari nonton drama genre detektif adalah ending yang ga mudah ketebak!

Terakhir, terimakasih sudah mampir. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan notifikasi update postingan terbaru dari blog ini setiap minggunya!

***

Sumber gambar:

 

Advertisements

2 comments on “D-10: Nostalgia 5 Film/Drama Keren Berkesan Dari Jepang, Korea, dan Barat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s