Museum Impian untuk Kotaku

No comments

Masih menyambung dengan topik minggu lalu tentang museum, kali ini saya mau mencoba menuangkan mimpi saya tentang pengembangan museum di Riau.

Di kampung halaman saya, saya cuma tau ada satu buah museum, namanya Museum Daerag Sang Nila Utama. Lokasinya berada di Jalan Sudirman. Isi museumnya menceritakan tentang sejarah-sejarah di Riau. Seingat saya dulu isinya ada foto-foto sejarah zaman dulu, display barang-barang antik, sampai yang unik yaitu di museum ini ada juga rangka tulang ikan raksasa (sepertinya ikan paus) yang dulu pernah terdampar di sungai di Riau. Mungkin di kabupaten lain juga ada museum, tapi saya belum tau.

Saya jadi kepikiran, kalau di Pekanbaru ada museum modern seperti yang dibangun di Bandung dan Jogja, kayaknya bakalan keren juga. Bisa jadi objek tujuan wisata edukasi baru. Isinya tentang kekayaan alam di Riau, tentang bagaimana proses produksi  minyak bumi, gas, sawit, dan lain-lain, teknologi yang digunakan mulai dari zaman baheula sampai modern sekarang. Ada miniaturnya juga.

Keren sih kalau di Riau punya satu yang seperti itu. Jadi ga cuma tinggal kenangan dan cuma diketahui orang riaunya aja kalau di riau pernah punya sumber daya alam minyak dan gas bumi yang melimpah. Sekarang sumber minyak pun masih ada, tapi pindah ke daratan, yaitu minyak sawit.

Edukasi penting benget, salah satunya belajar melalui museum. Dulu waktu zaman saya SD, ada mitos yang diceritakan guru kalau minyaknya di bawah udah abis, tanah-tanah bisa ambles. Padahal mah setelah saya belajar bukan kayak gitu.  Keberadaan minyak bumi itu bukan seperti kawah-kawah di dalam perut bumi, tapi minyak bumi itu berada di pori-pori batuan. Tanah turun/ambles itu disebabkan karena jenis tanah di riau yang sebagian besar gambut dan juga karena pemakaian air tanah yang semakin tinggi.

Teman saya pernah nanya, di Riau ada objek wisata apa sih? Saya suka bingung jawabnya, karena sejujurnya wisata alam disini dikit banget, dulu sih begitu. Sekarang nampaknya udah mulai banyak yang baru-baru. Dengan bantuan instagram, efektif banget buat mem-viral-kan suatu tempat.

Ga ada lagi cerita takut usaha wisata yang dibuat bakalan ga laku karena sulit promosiinnya atau lokasinya terlalu jauh. Sejauh apapun lokasinya asalkan pengelolaannya bagus, promosinya manteb, bakalan dijabanin juga sama orang-orang. Apalagi generasi sekarang ini, tipenya generasi yang butuh banyak hiburan dan suka jalan-jalan. Yaa kan?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s