Pengalaman memperpanjang surat keterangan pengganti e-ktp di Disdukcapil Pekanbaru

2 comments

Saya ga tau apakah per agustus 2018 ini masalah tidak tersedianya blanko kartu fisik e-ktp di pekanbaru sudah selesai atau belum. Namun tujuh bulan yang lalu masih belum ada. Jadinya saat itu saya masih harus sabar menggunakan surat keterangan (suket) pengganti e-ktp yang ukurannya segede hvs karena ktp saya hilang.

Suket e-ktp hanya berlaku selama 6 bulan sejak dikeluarkan. Maka itu pada bulan januari lalu karena sudah mau habis masa berlakunya, mau tidak mau karena untuk keperluan mendaftar kerja, saya perlu memperpanjang suket pengganti e-ktp.

Sebelumnya saya pernah ditawari untuk membuat perpanjangan e-ktp lewat jalur belakang. “Ribet, lama, jauh, nanti dipersulit lah dan berbagai paradigma lama” tentang ngurus ktp disampaikan orang tua. Maklumlah, zaman orang tua dulu masih banyak yang seperti ini.

Tapi saya gak begitu saja yakin apakah zaman sekarang pelayanan publik masih kental dengan kkn. Kayak nya kok kuno banget gak ada keren-kerennya kalo masih ada yang ‘minta bantuan’ cuma buat urusan ktp.

Ingat aturan supply dan demand ga? Kalau makin banyak demand atau masyarakat yang masih betah dengan cara kkn maka jangan heran kalau supply atau pegawai yang berkeinginan untuk curang juga semakin banyak. Kalau sistem pasar ya seperti itu, naturalnya supply mengikuti demand. Makanya kita juga harus jadi masyarakat yang cerdas dan saling mencerdaskan. Kalau gak mau ada kkn, jangan biarkan adanya peluang kkn.

Dimana mengurus e-ktp dan perpanjangann e-ktp?

Awalnya saya pergi ke kantor kecamatan sebagaimana juga tempat saya merekam data e-ktp dan mendapatkan kartu e-ktp. Namun ternyata bukan disana mengurusnya. Karena blanko masih habis saat itu, pegawai kecamatan menyampaikan bahwa ngurusnya langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil).

Kantor disdukcapil ini jauh banget dari rumah saya. Rumah saya di barat daya,  sedangkan disdukcapil di timur laut. Butuh waktu cukup lama kesana.

Capture
Sumber: googlemaps, 2017

Alamat di Disdukcapil Pekanbaru:

Jl. Mustafa Sari No.1, Tengkerang Sel.,
Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau 28125

Kantor buka jam dari pukul 08.00 hingga 17.00. Istirahat pukul 12.00-13.00.

*Saran dari saya, datang pagi sebelum istirahat siang. Kata pegawainya kalau pendaftaran pengurusan ktp bisanya cuma pagi sampai sebelum istirahat siang. Setelah istirahat siang hanya untuk pengambilan e-ktp/suket ektp/surat-surat kependudukan yang telah jadi.

Persyaratan perpanjangan suket e-ktp

  1. Suket e-ktp lama
  2. Fotocopy KK

Tahapan perpanjangan e-ktp bagaimana?

Singkatnya, lengkapi persayaratan – serahkan – tunggu – ambil suket yang telah jadi.

Ketika masuk ke dalam kantor,  ada beberapa loket pelayanan. Perhatikan tulisan di depan kaca, misal keperluannya buat mengurus e-ktp. Persyaratan dokumen apa saja yang perlu dibawa tertempel di depan kaca loket.

47317699203-disdukcapil_pku
Sumber: detakriaunews.com

Kalau diperhatikan ke bagian area ruang tunggu, kalau ga salah, informasi tentang persyaratan untuk pengurusan berbagai dokumen kependudukan telah dibuat masing-masing x-bannernya. (Saya foto sih waktu itu cuman sekarang gak tau dimana simpan fotonya. Nanti kalau ketemu akan saya tampilkan)

Biasanya ramai banget yang mengurus disini. Segala urusan administrasi kependudukan disinilah tempatnya, mulai akta kelahiran, akta nikah, surat pindah, dan lain-lain. Jadi harus sabar mengantri dan sedia waktu cukup banyak.

Pertama, petugas loket akan mengecek kembali persyaratan yang telah kita bawa. Kalau sudah benar, nanti kita akan dikasih kertas kecil buat pengambilan surat.

Awalnya waktu yang dibutuhkan untuk perpanjangan e-ktp cukup lama yaitu 1 minggu. Namun saya minta dipercepat karena saya perlu mendesak buat daftar ulang kerja dan sudah beli tiket pergi. Akhirnya bisa dipercepat prosesnya jadi 3 hari (kalau ga salah) dengan melampirkan bukti pendukung yaitu fotocopy surat pendaftaran kerjanya hehe.

Orang setelah saya malah lebih ekstrim lagi, perlu suket e-ktpnya selesai sore hari itu juga karena dia kerja di luar kota, cuma dapat izin satu hari. Singkat pendengaran saya, si bapak ini lampirin lah fotocopy tiket keberangkatannya besok sebagai penguat agar suketnya bisa selesai di proses hari itu juga.

Emang sih, bagi yang kerjanya di luar kota agak ribet juga mesti nunggu 1 minggu, terlalu lama. Lagian ga ada juga dipengumuman resminya kapan waktu pasti proses perpanjangan suket e-ktp.

Berkaca ke kota besar seperti Jakarta, prosesnya bisa ditunggu, satu hari selesai. Dalam permendagri, proses penerbitan dokumen kependudukan harus dilakukan dalam rentang waktu 1 hingga 24 jam. Seharusnya kualitas layanan administrasi kependudukan yang prima bisa didapatkan seluruh masyarakat secara adil dan merata.

My point of view about kualitas pelayanan

Ini kebijakan sistem kerjanya aneh sih ya menurut saya. Dari segi aturan jam kerja tertulis ialah sampai sore dan sebagai orang awam normal ya kita pikir pendaftaran atau pengambilan surat bisa dilakukan selama rentang waktu tersebut.

Ternyata pendaftaran layanan hanya bisa pagi hari. Kasihan banget orang yang rumahnya jauh mesti datang lagi keesokan harinya. Penyampain info ini juga kurang informatif, ga ada diumumkan atau ditempel di tempat yang mudah terlihat.

Temuan saya yang kedua adalah gak ada antrian. Semuanya menunggu bergerombol di depan loket dan kadang mesti cepat-cepatan. Saya ga tau mesti mulai ngantri darimana. Kalau ada emak-emak ya pasti kita yang muda-muda kalah antrian, makanya ibu saya yang maju buat ngantri. Hehehe.

Padahal ya, saya lihat ada mesin buat ambil nomor antrian, tapi anehnya tidak digunakan. Entah karena tidak berfungsi ataupun sengaja tidak difungsikan lagi, saya ga tau. Kalau ada nomor antrian kan kenyamanan bisa meningkat dan masyarakat pun bisa menunggu di kusi antrian dengan nyaman dan tenang.

Kemudian tentang, proses perpanjangan e-ktp yang masih cukup lama. Saya gak ngerti kenapa bisa lama banget. Kalau dilihat-lihat mah kerjaannya simpel banget buat suket e-ktp, cuma print ulang biasa dengan kertas hvs. Semua isinya juga sama persis dengan sebelumnya. Data sudah ada dari yang lama, paling cuma ganti tanggal berlaku di surat. Entahkah karena sdmnya yang kurang, tandatangan disdukcapilnya yang susah didapat, atau memang terbiasa demikian.

Dari beberapa perbandingan kualitas layanan administrasi publik lainnya, seperti skck, npwp, ataupun kartu kuning yang telah saya alami, menurut saya pelayanan e-ktp ini yang paling banyak memerlukan peningkatan sdm dan sarana pendukung.

Kita ga cuma satu atau dua kali berurusan, tapi mulai dari hidup sampai mati. Setiap perubahan status kependudukan kita pasti butuh pelayanan disdukcapil. Pelayanan yang merupakan tanggungjawab disdukcapil ini sangat penting, mulai dari KK, e-ktp, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, dan surat keterangan pindah, semuanya dokumen kependudukan yang wajib dimiliki.

Maka itu harapan saya semoga pelayanan di disdukcapil semakin baik karena kebermanfaatan dan kemaslahatannya untuk masyarakat sangat besar. Dan juga semoga kualitas pelayanan disdukcapil bisa adil di seluruh Indonesia.

Mungkin ada beberapa bagian/kejadian yang saya lupa karena tulisan ini dibuat sudah sangat telat. Tapi semoga tulisan ini masih relevan ya dan bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan info.

Advertisements

2 comments on “Pengalaman memperpanjang surat keterangan pengganti e-ktp di Disdukcapil Pekanbaru”

  1. namanya juga indonesia tercinta. ya isina para koruptor yg berkedok birokrasi. sengaja mempersulit agar dpt sogokan. suap. sudah puluhan tahun masy di perbodoh sm birokrasi tp ga sadar2. pantas mau sampe kiamatpun kagak bakal bs maju ni negara. prihatin.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s