Review Himalaya Herbals Gentle Exfoliating – Face Wash Murah yang Cocok untuk Kulit Kombinasi

One comment

Saya lagi senang banget nih, akhirnya menemukan face wash alias sabun cuci muka yang cocok untuk kulit wajah saya. Sebelumnya saya pernah coba beberapa produk face wash yang cukup pricey seperti jafra, illuminare, wardah, dan centaphile, tapi gak ada satupun hasilnya yang memuaskan. Alhasil sekarang wajah jadi kering di bagian garis senyum wajah atau bagian U.

Untuk perawatan kulit wajah, saya emang gak mau sembarangan. Ga masalah ngeluarin budget lebih kalo untuk beli produk yang berkualitas. Tapi sayangnya belum ada satupun yang berhasil mengusir komedo wajah dari beberapa produk yang telah saya sebutkan di atas.

Efek pemakaiannya macam-macam. Pertama kali punya face wash yaitu merk jafra yang untuk kulit berminyak. Ini juga kenalnya karena dipromosiin tetangga. Awal-awal pakai sih gapapa, tapi pas reorder kedua malah jadi banyak jerawat kecil-kecil di pipi. Bekasnya masih ada sampai sekarang dan jadi bopeng. Hiks. Salah saya juga sih, reorder jafra di olshop, gak tau ori atau enggaknya, tergiur karena harganya lebih murah. Sejak  inilah saya kapok gak mau lagi beli di olshop.

Habis dari kejadian itu, saya beralih ke produk-produk yang dijual di century, watson, atau guardian. Pikir saya karena tokonya di mall, pasti lebih terpercaya dong. Produk-produk yang dijual harusnya gak menimbulkan efek samping.

Dulu saya kira kulit wajah saya sensitive karena mudah jerawatan dan merah-merah habis pakai sabun cuci muka. Makanya setiap beli saya mintanya produk untuk kulit sensitif. Gak enaknya adalah produk untuk kulit sensitif biasanya lebih mahal.

Baru-baru ini saya baca buku yang judulnya beauty undercover yang penulisnya dokter dari UI. Isi bukunya tentang seputar perawatan kecantikan perempuan. Yang saya senang dari buku ini yaitu ada teorinya mengenali kulit, masalah kulit, rambut dan lain-lain beserta tips-tips perawatannya. Saya baru sempat baca sampai bab 1 sih yaitu tentang mengenali kulit, tapi udah berasa useful banget!.

Jadi ternyata jenis kulit wajah saya berjenis kulit kombinasi, bukan kulit sensitive yang selama ini saya kira. Kulit kombinasi yaitu kulit tampak kering pada beberapa sisi dan berminyak pada sisi yang lain. Ciri-cirinya yaitu berminyak pada T-zone (dahi+hidung), pori-pori dapat terlihat, sering terdapat komedo, dan kulit tampak kering pada beberapa sisi (wajah saya kering di bagian garis senyum wajah atau bagian U).

Singkat cerita, saya baru mengerti ternyata penyebab komedo yang gak hilang-hilang dan muncul jerawat kecil-kecil walaupun rajin cuci muka adalah karena gak pernah bersihin kulit mati di wajah atau istilahnya exfoliating. Kulit mati ini dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga minyak wajah menumpuk di lapisan kulit wajah.

Penumpukan minyak wajah ini bisa menyebabkan tumbuhnya komedo dan memicu infeksi karena tumbuhnya bakteri yang akhirnya menyebabkan jerawat. Makanya penting untuk rajin exfoliating agar pori-pori wajah tidak tersumbat. Kulit wajah berminyak lebih cepat terbentuk kulit mati sehingga exfoliating harus rutin dilakukan.

Nah minggu lalu saya mulai cari produk-produk exfoliating. Kebanyakan ditawarin yang bentuknya scrub gitu, tapi saya gak suka karena kasar dikulit. Saya carinya yang berbentuk lotion/gel tapi susah banget, kalopun ada harganya out of budget.

Saya pun menyerah, beralih ke produk face wash biasa. Dan betemulah dengan face wash Himalaya Herbals gentle exfoliating daily face wash.

IMG_0943

Kemasan, Harga, dan Tekstur

Bentuk kemasannya sih standar, tutupnya berbentuk tube sehingga mudah dibuka. Harganya pun murah meriah yaitu hanya 16.900 (lagi ada discount) untuk ukuran 50 ml.

Teksturnya gel bening tapi ada butiran-butiran merah dan putih. Butirannya gak kasar sama sekali. Nyaman dipake walaupun dengan cara digosok/dipijar ke wajah tapi gak bikin kulit wajah merah-merah atau iritasi.

IMG_0949

Setelah pemakaian selama seminggu

Gak ada ekspektasi apa-apa sama ini face wash, apalagi harganya murah. Ternyata ini produknya cocok banget sama saya. Di pakai tiap hari hasilnya makin bagus.

Klaim di produknya yaitu ‘membantu mengurangi komedo yang tampak’ ternyata beneran gak bohong. Habis cuci muka, rasanya kulit wajah kesat dan tegang. Komedo-komedo di dagu dan hidung berkurang banyak dan kulit wajah jadi licin (sebelumnya komedo timbul dan bikin kulit wajah bersisik).

Paling banyak komedo hilang di dagu. Untuk bagian hidung, komedo udah gak timbul lagi namun masih ada jejak komedo hitamnya. Menurut saya ini wajar karena udah lama banget ga pernah bersihin komedo lagi. Senang banget akhirnya komedo ini bisa go away dari wajah saya.

Walaupun tiap hari cuci muka, biasanya tetap muncul satu atau dua jerawat tiap minggunya.  Apalagi ketika hormone lagi berubah, makin besar jerawat yang muncul. Nah ini udah seminggu gak ada jerawat muncul, amazing.

***

Gak nyesel beli facewash himalaya ini, cocok banget. Fix mulai sekarang bakal jadi produk andalan. Ini baru bab 1 yang dibaca dan langsung dipraktikkan, dan hasilnya nyata positif. Next saya akan lanjutkan baca buku beauty undercover ini dan kalau ada hasil positif lainnya akan saya share lagi.

Ngomong-ngomong kalo kalian ada punya rekomendasi produk untuk jenis kulit kombinasi, silahkan share di kolom komentar juga ya.

Advertisements

1 comments on “Review Himalaya Herbals Gentle Exfoliating – Face Wash Murah yang Cocok untuk Kulit Kombinasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s