Pengalaman Tes CPNS Kementerian PUPR 2017 – Pendaftaran dan Persiapan Tes SKD

12 comments

Well, saya mau berbagi sedikit cerita mengenai pengalaman saya mengikuti tes cpns tahun lalu. Saya ga akan banyak bahas mengenai bagaimana proses seleksinya karena hal ini sudah banyak ditemukan di berita online, blog, maupun situs lainnya. Namun yang akan saya share adalah mengenai apa saja persiapan yang saya lakukan dan hal-hal penting menurut saya yang harus diperhatikan pada tiap tahapan seleksinya tersebut.

Tulisan terkait lainnya:
Pengalaman Tes CPNS Kementerian PUPR 2017 – Tahap SKD
Pengalaman Tes CPNS Kementerian PUPR 2017 – Tahap SKB

Sekilas tentang jabatan fungsional (jafung) dan penerimaan cpns

Apa yang pertama kali terlintas dipikiran ketika mendengar kata pns? Jadi
Guru? Pegawai kelurahan? Pegawai di kantor gubernur?

Sama. Saya pun juga begitu. PNS, profesi yang identik dengan bekerja di kantoran dan mengurusi persoalan administrasi. Begitu anggapan saya dulu. Dan ketika di bangku kuliah saya baru tau kalo jurusan teknik juga bisa jadi pns juga. Hahaha.

Bicara soal pns masa kini, ternyata gak cuma ada 2 jenis jabatan di dalamnya, jadi pimpinan atau staff. Ternyata ada lagi jenis jabatan namanya jafung atau jabatan fungsional. Nah, saya baru banget pelajari tentang ini beberapa hari lalu.

Pada penerimaan cpns tahun 2017 lalu sistemnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Contohnya Kementerian PUPR, dulu pelamar mendaftar berdasarkan direktorat jenderal misal Cipta karya, Bina Marga, atau Sumber Daya Air. Kini, pelamar memilih berdasarkan formasi atau jabatan fungsional tertentu yang dibutuhkan.

Jafung itu bukan staff biasa. Jafung ialah pegawai yang memiliki keahlian khusus di satu bidang. Dengan seseorang memilih jafung, ia akan memiliki kesempatan menjadi pegawai yang profesional dan kemampuannya pun diakui.

Singkat kata, karirnya akan dipersiapkan menjadi seorang tenaga ahli. Kalau jafung teknik di PU, dalam pengembangan profesinya bakalan banyak mengikuti kegiatan pelatihan, menulis karya tulis, menyusun pedoman/juklak/juknis/buku referensi di bidangnya.

Tidak hanya di swasta butuh tenaga ahli, tapi makin kesini seorang pns pun juga dituntut demikian. Maka salah besar kalau masih berpikir jadi pns itu kerjanya santai. Wkwkwk.

Di kantor pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah pun ada berbagai jenis jafung. Peraturan mengenai jafung ini pun sudah ada sejak lama, namun untuk selengkapnya bisa cari sendiri yaa di mbah gugel. Nah, contoh gampang dari jafung yaitu guru, peneliti, dosen, dan dokter. Semua pasti udah familiar lah ya?

Dari info yang disampaikan, saat ini jumlah jafung di PU masih sedikit dibanding non jafung alias staff biasa, sedangkan kebutuhan jafung sangat tinggi. Dan kedepannya  direncanakan gak ada lagi namanya staff biasa, semua staff harus punya jafung.  Untuk lebih lengkapnya apa saja jenis jafung di PU dan bagaimana perannya, bisa baca disini ya.

Sebagai awal, mari kita mulai dari why. Kenapa mau daftar cpns?

Dalam memilih sesuatu tentu kita harus punya alasan. Ini penting karena akan memotivasi kita dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi. Temukan sebuah alasan mendasar yang spesifik. Menurut saya alasan sederhana pun gak masalah misal karena disuruh orang tua atau bahkan penasaran (seperti saya), namun tentunya bukan niat yang jelek ya.

Kala itu, penerimaan cpns menjadi bahan perbincangan yang cukup hangat di lingkungan saya. Hampir tiap hari ada saja yang share beritanya. Awalnya saya ragu karena saya masih ada kuliah yang harus diselesaikan. Namun karena semakin banyak teman saya yang mendaftar, akhirnya saya pun tergoda untuk mencoba tesnya. Hahaha. Lumayan buat cari pengalaman tes kerja, pikir saya saat itu.

Memilih instansi pemerintahan

Pertanyaan selanjutnya adalah memilih instansi. Tahun 2017, lowongan CPNS tahap 2 dibuka untuk 60 Kementerian/Lembaga dan 1 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Tiap instansi tersebut mengeluarkan pengumumannya di situs instansinya masing-masing. Perlu diperhatikan juga bahwa persyaratan tiap instansi tersebut berbeda-beda.

Untuk mengetahui apakah instansi tersebut menerima jurusan kita, mau tidak mau harus dibaca satu persatu pengumuman dan persyaratan dari tiap instansi tersebut. Kebayang dong berapa banyak info yang harus dibaca untuk mengetahui ada formasi untuk jurusan apa saja. Kecuali kalau sudah punya instansi incaran, ga perlu mikir lama untuk nentuin pilihan.

Karena saya jurusan teknik lingkungan, maka instansi yang memungkinkan saya pilih adalah PU, KLH, atau Bappenas. Sayangnya saya memang ga banyak baca info lagi di instansi lainnya. Belakangan, saya baru tau ternyata LIPI dan BMKG juga menerima lulusan teknik lingkungan.

Nah kabarnya di tahun 2018 ini akan lebih banyak lagi jumlah yang diterima dengan formasinya untuk menempati posisi di pemerintah daerah dan juga kementerian. Ini artinya harus makin banyak riset lagi sebelum memutuskan pilihan! Penting buat baca setiap info formasi di tiap instansi dengan cermat.

Perbedaan Formasi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat

FYI, jadi pns pemerintah daerah (Dinas) dan pemerintah pusat (kementerian) itu berbeda. Ada 2 hal yang menurut saya paling penting diketahui. Pertama, dari lokasi kerjanya. Kedua, dari lingkup kerjanya.

Kalau kementerian itu mengurusi hal-hal yang bersifat strategis nasional. Lingkup kerjanya di seluruh wilayah Indonesia, misal proyeknya di provinsi A, B, C. Penempatan kerjanya pun bisa dimana saja, mulai dari ujung Indonesia barat sampai timur jika kementerian tersebut memiliki kantor/balai di daerah provinsi.

Sedangkan Dinas mengurusi hal-hal yang ada di daerahnya saja. Jika sebagai pns pemda, maka lokasi kerja tentu di provinsi tersebut saja. Jadi bagi yang gak terlalu suka pindah-pindah lokasi kerja atau ingin kepastian dapat bekerja di daerah asalnya, maka mendaftar di formasi pemda lah jawabannya.

Sedikit cerita, saya kira dulu kalau daftar di Kementerian PUPR lalu dapat penempatan di daerah maka akan berkantor di Dinas provinsi/kota. Ternyata saya salah besar saudara-saudara. Kalaupun dapat di daerah, kantornya pun berbeda dengan Dinas Daerah.

Kantor Dinas di tiap daerah itu bukan berarti kantor cabangnya kementerian kayak di perusahaan-perusahaan yaa. Pns pusat bekerjanya atas instruksi Menteri/presiden langsung, sedang pns daerah bekerja atas instruksi dari kepala dinas/gubernur. Jadi singkatnya hubungan kementerian dan dinas itu adalah koordinasi.

Memilih Formasi dan Jenis Formasi

Di Kementerian PUPR, ada 6 formasi/jafung yang dibuka pada penerimaan 2017 lalu, yaitu teknik pengairan ahli pertama, teknik jalan dan jembatan ahli pertama, teknik penyehatan lingkungan ahli pertama, teknik tata bangunan dan perumahan ahli pertama, pembina jasa kontruksi ahli pertama, dan teknik jalan dan jembatan terampil. Ada 4 jenis formasi pula yaitu untuk pelamar umum, cumlaude, disabilitas, dan putra putri papua.

Tahun lalu bersama ribuan pelamar lainnya, saya mendaftar dengan formasi teknik penyehatan lingkungan (TPL) ahli pertama jalur cumlaude. Oke, bukan tanpa alasan d,engan pedenya saya pilih jalur ini.

Alasan pertama karena saya masih ada kuliah dan lulus tes bukanlah satu-satunya tujuan saya. Saya pikir ada baiknya pilih saja jalur yang saingannya lebih ‘sulit’, toh ini buat latihan tes pertama kali juga dan buat cari pengalaman aja.

Kedua, di situs PUPR terdapat informasi statistik yang berisi informasi jumlah pelamar di tiap formasi. Ini yang mungkin sering terlewatkan oleh teman-teman untuk menggali informasi ini. Gunanya data statistik apa? tentu saja untuk mengukur peluang kelulusan.

Bayangkan di formasi umum jumlah yang diterima hanya 39 orang sedangkan pelamarnya mencapai 681 orang yang artinya peluang lulus 1:18 atau tiap 18 orang hanya 1 yang diterima. Sedangkan di formasi cumlaude jumlah yang diterima 5 orang dan pelamarnya hanya 32 orang yang artinya peluang lulus 1:7. Lebih besar peluang melalui jalur cumlaude kan. Walaupun hanya hitungan kasar, lumayan ampuh buat menambah semangat.

Capture

Saya ga tau apakah di tiap situs instansi menyediakan informasi statistik ini. Namun data ini sangat berguna untuk melihat iklim persaingan yang ada sebagai pertimbangan dalam memilih formasi dan jenis formasi.

Beda Jalur Cumlaude dan Jalur Umum

Tidak ada informasi jelas tentang perbedaan seleksi melalui jalur cumlaude dan umum di situs resminya, Setelah pengumuman hasil tes skd, saya baru tau ternyata jalur cumlaude itu aturannya berbeda, yaitu tidak ada standar nilai kelulusan dan tidak juga mengikuti perangkingan serta aturan 3x jumlah formasi yang dapat lulus tahap selanjutnya. Semua pelamar jalur cumlaude mengikuti tes hingga tahap akhir dan perangkingannya setelah mengikuti semua tes.

tes ambang batas
Passing grade SKD
persyaratan cumlaude
PermenPANRB No.22 Tahun 2017

FYI, Di Kemeterian PUPR ada perbedaan. Tahun lalu, untuk formasi umum tidak memberlakukan aturan 3x jumlah formasi yang dapat lulus tahap selanjutnya sehingga semua yang memenuhi passing grade dapat mengikuti tes skb. Tapi setelah di ingat-ingat, pas di pengumuman dan pelaksanaan tesnya emang gak ada sih dibilangin kalo ada aturan 3x jumlah formasi ini.

Tiap instansi, beda pula aturannya. Setau saya di KLH, menerapkan aturan perangkingan 3x formasi tersebut. Banyak teman saya yang memenuhi standar nilai namun tidak lulus tahap selanjutnya karena tidak lulus perangkingan.

Alur seleksi

Alur penerimaan cpns PUPR 2017 bisa dilihat dibawah ya. Untuk tahap awal yaitu pendaftaran di situs bkn untuk memilih satu instansi yang dituju. Baru setelahnya pendaftaran dilanjutkan ke situs masing-masing instansi. Pada tahap ini, bisa berbeda-beda persyaratan dan alur seleksinya.

Semua instansi pendaftaraan awalnya melalui bkn, baru kemudian pendaftaran yang lebih lengkapnya di situs masing-masing instansi.

Alur Pendaftaran 2017

Alur pendaftaran 2
Sumber: cpns.pu.go.id/2017

Baca dengan teliti setiap persyaratan. Pastikan data yang kita inputkan di form pendaftaran online benar. Jika ada yang isian yang tidak mengerti atau ragu, bisa baca FAQ di situs PU. Kalau tidak terdapat di FAQ, jangan sungkan untuk menghubungi penyelenggara di nomor yang telah disediakan.

Oiya, informasi cpns PUPR itu lewat satu pintu yaitu dari situs cpns.pupr.go.id. Semua informasi baru atau perubahan jadwal di update lewat sana. Kapan keluar hasil seleksi dan jadwal tahapan seleksinya lainnya bisa berubah dari jadwal yang diumumkan di awal. Gak ada pemberitahuan via email, jadi selama proses seleksi emang harus rajin-rajin mantau situs tersebut.

Proses seleksinya lebih lama daripada yang tertera di pengumuman awal yaitu hingga 5 bulan, jadi mesti sabar-sabar ya. Sebagai gambaran, kira-kira begini realisasi jadwal seleksinya:

  • Pendaftaran secara online: 11-25 September
  • Pengumuan seleksi administrasi: 2 Oktober
  • Seleksi kemampuan dasar (SKD): 17-24 Oktober
  • Pengumuman hasil SKD: 7 November
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB): 11-14 November
  • Pengumuman kelulusan: 5 Januari 2018
  • Pemberkasan: 15-18 Januari 2018

Tentang sertifikat bahasa inggris

Ohiya, persiapkan juga sertifikat bahasa inggris sesuai yang diminta. Persiapkan sejak awal karena waktu pendaftaran dan pelengkapan berkas sangat singkat, cuma 2 minggu. Kalau di PUPR mewajibkan adanya sertifikat toefl, tapi untuk instansi lainnya mungkin ada juga yang enggak.

Ada cerita lagi mengenai ini. Saya dulu mencantumkan bukan jenis toefl atau ielts karena gak sempat tesnya. Waktu pendaftaran hanya 2 minggu. Akhirnya, yang saya masukkan adalah jenis elpt dan itupun masih prediction test. Nilai scorenya pun berbeda skalanya sehingga saya convert sendiri ke nilai toefl. Namun karena yang mengeluarkannya perguruan tinggi (dari ITB), alhamdulillah bisa lolos seleksi administrasi.

Sebelumnya saya juga nanya ke panitia dulu tentang sertifikat toefl yang berbeda ini. Awalnya agak sulit menghubungi panitia karena jaringannya sibuk. Apalagi itu udah mau akhir-akhir pendaftaran, dugaan saya orang-orang deadliner seperti saya pasti banyak yang menghubungi juga. Setelah percobaan nelpon kesekian, barulah bisa nyambung. Jadi saran saya, kalau mau nanya jangan mepet-mepet deadline pendaftaran yaa.

Persiapan tes SKD

Ada 3 jenis soal pada tahap SKD yaitu TWK (tes wawasan kebangsaan), TIU (tes intelegensia umum), dan tkp (tes karakteristik pribadi) dengan total sebanyak 100 soal. Seleksi ini berbasis computer assisted test (CAT) menggunakan laptop yang disediakan penyelenggara di lokasi tes yang ditentukan.

Untuk contoh soal-soal sudah banyak ditemukan di play store, share di blog, atau buku-buku yang dijual di toko buku favorit kamu. Saya saat itu juga menemukan jual online latihan soal tes cpns. Setelah seluruh seleksi selesai, saya baru tau ternyata juga ada simulasi CAT di situs bkn. Hahahaha.

Saya sendiri lebih senang kalau baca buku, bisa dicoret-coret. Selain itu, kalo punya buku rasanya lebih tenang aja menghadapi tes, bisa meningkatkan kepercayaan diri juga. Ketika pilih buku persiapan cpns, yang saya incar adalah buku yang ada ringkasan materinya dan dalam kunci jawabannya juga terdapat penjelasan.

Ujung-ujungnya sih gak ada satupun soal yang keluar sama dengan contoh soal di buku. Hahahaha. Konon kata panitia kalau bank soalnya ada puluhan ribu jadi sudah pasti soalnya random banget.

Cara belajar yang efektif seperti apa? Ya gunakan cara belajar yang paling enak buat kita sendiri. Kalau waktu masih banyak, saya lebih suka buat rangkuman materi di satu lembar hvs (kayak cheatsheet) supaya lebih mudah dibawa-bawa dan dihapal. Kalau waktu udah sedikit buat belajar, saya lebih milih buat belajar bareng teman biar hapalannya bisa menular hahaha, tapi sebelumnya saya juga baca-baca sedikit biar gak zonk banget.

Setelah melakukan ikhtiar, tak kalah penting juga adalah minta juga restu dari orangtua karena doa orangtua untuk anaknya itu mustajab. Perbanyak ibadah dan doa untuk minta diberi kemudahan mengikuti seluruh tahapan seleksi.

FYI, ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa atau waktu-waktu tertentu yang dijanjikan oleh Allah bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut dikabulkan. Selengkapnya tentang kapan saja waktu-waktu tersebut bisa cari di gugel atau yufid.com yaa (sejenis pencarian khusus untuk informasi yang shahih terkait agama).

Oke. begitulah kira-kira mengenai persiapan awal saya menghadapi seleksi cpns. Perlu diingat juga, ini hanya gambaran seleksi cpns pada tahun 2017, masih ada kemungkinan juga untuk berubah. Pastikan untuk selalu memantau info resmi dan Kementerian PAN RB, BKN, dan instansi yang dituju.

Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman dalam mempersiapkan bekal menghadapi seleksi cpns. Kalau ada waktu, akan saya sambung lagi mengenai pengalaman saya saat menghadapi SKD dan SKB. Oiya, Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar yaa!

Advertisements

12 comments on “Pengalaman Tes CPNS Kementerian PUPR 2017 – Pendaftaran dan Persiapan Tes SKD”

    1. Soal yang keluar ada tentang sipil dan lingkungannya, porsinya hampir sama. Lagi nulis postingan lengkapnya tapi belum selesai, mungkin bisa di follow biar kalau udah update bisa dapat notif mba

      Like

  1. Assalamualaikum. Mbak, ceritain tentang tes SKB-nya dong. Oh ya punya gambaran nggak kalo buat ahli jalan dan jembatan pemda tuh kira kira tes SKB-nya nanti yang kayak apa ya?

    Like

    1. Ini lagi ditulis tapi belum selesai, mungkin bisa di follow biar kalau udah update bisa dapat notif mba. Waduh kalo soal ahli jalan dan jembatan pemda saya kurang tau sih mba. Saran saya coba dilihat formasi tersebut nerima jurusan apa saja. Misalnya formasinya TPL nerima jurusan sipil dan lingkungan, sepengalaman saya soal yang keluar ga jauh-jauh dari sipil dan lingkungan dan porsi soalnya sama. Tipe soalnya lebih ke pengetahuan umum, istilah/definisi, peraturan yang berkaitan, standar/persyaratan, dll, hitungan sipil ada tapi sepertinya yang bisa diselesaikan dalam dua atau tiga langkah. Semoga membantu

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s