Serunya Wisata Keliling Bandung dengan Bandros

2 comments

Jadi ceritanya sudah jauh-jauh hari saya pengen coba naik bandros. Cuman baru kesampeannya sekarang ketika malah udah gak menetap lagi di Bandung. Akhirnya hari minggu yang lalu bisa terealisasi juga naik mobil unik ini.

FYI, Bandros atau Bandung Tour on The Bus adalah moda transportasi yang disediakan oleh pemerintah kota bandung bagi wisatawan yang ingin berkeliling kota bandung. Bandros ini diluncurkan pada tahun 2014 oleh walikota bandung Pak Ridwan Kamil.

Cara naik bandros

Ada banyak lokasi tempat naik bandros. Setau saya ada yang di Balai Kota Bandung, Alun-Alun Bandung, Gasibu/Gedung Sate, dan sekitar jalan wastukencana. Saya sendiri naik dari Balai Kota Bandung. Tepatnya di dekat gerbang yang berada di depan Taman Vanda atau kantor Bank Indonesia.

Trip ini one way gitu dan ga ada mampir-mampir. Jadi gak bisa turun sembarang tempat.  Nanti diturunkannya kembali di titik semula setelah trip selesai.

Jadwal Bandros

Bandros beroperasi setiap hari, mulai dari jam 8 pagi. Ada jadwal keberangkatannya tiap jam. Jadwal keberangkatan terakhir itu jam 15.30. Lama trip ini sekitar 1 jam.

IMG_0393

Usahakan datang pagi-pagi jam 8. Soalnya saat hari libur ramai banget warga yang mengantri. Bisa-bisa nanti harus tunggu lama atau kebagiannya jadwal sore.

Tarif dan Cara Beli Tiket Bandros

Nah, di Balai Kota ada juga jenis bandros. Tarif dan rutenya pun berbeda. Ada yang tarifnya 10rb dan 20rb. Kenapa harganya beda? Kata petugasnya karena pengelolanya beda. Kalo yang 10rb rutenya lebih singkat.

Disana gak ada loket pembelian tiket bandros. Sama teman saya, Umi, dikasih tau bahwa disana ada petugas bandros yang berdiri di sekitar sana.

Kalo yang bandros 10rb, ada mamang petugasnya pakai topi sambil bawa buku catatan. Kata teman, kadang di hari lain mamangnya pakai topi khas sunda. Penandanya bisa dilihat juga dari adanya gerumbulan warga.

IMG_0410

Mekanismenya adalah sama mamangnya dicatat dulu nama kita jadi waiting list. Kemudian akan dikasih tau kita bisa dapat jadwalnya yang jam berapa. Kalo ramai bisa jadi dapat jadwal sore. Lalu setelah bandros datang akan dipanggilin nama kita.

Kalo bandros yang 20rb, gak ada petugas yang standby disana. Nah, saya naik bandros yang ini. Kalo bandros yang 20rb ini ga perlu catat nama sama petugas. Sistemnya cepet-cepetan siapa yang duluan naik ke bandros. Lalu nanti akan  dihampiri petugas untuk beli tiketnya.

IMG_0403

IMG_0407

IMG_20180701_151226.jpg

Tips dari saya yaitu sesegera mungkin setelah bus bandros tiba di halaman balai kota, langsung standby di depannya. Masuk secepatnya supaya bisa memilih kursi yang strategis.

Bandros yang 20rb ini rutenya adalah taman dewi sartika – gedung sate – taman cibeunying – taman foto – gedung merdeka – alun alun bandung – taman dewi sartika.

Sepanjang perjalanan, kita akan ditemani oleh seorang guide. Sang guide akan menceritakan sejarah gedung dan jalan yang kita lalui. Misalnya kenapa di kasih nama jalan dago, kenapa namanya gedung sate dan lain-lain.

Bandros yang rute ini akan banyak melewati bangunan bersejarah rumah-rumah belanda, bangunan mistis rumah kentang, dan taman-taman kota. Paling seru sih ketika melewati gedung merdeka dan alun-alun bandung. Soalnya rame bisa liat banyak cosplay hantu di sepanjang jalan merdeka tersebut.

IMG_0363

IMG_0365

Naik bandros nyaman banget. Karena masih pagi, perjalanan pun lancar gak ada macet. Udaranya pun masih bersih dan sejuk. FYI, saya baru tau ternyata bus bandros yang bertingkat sudah tidak ada lagi. Mungkin dikarenakan faktor keamanan juga ya sehingga bus jenis ini tidak digunakan lagi.

***

Catatan dari saya sih alangkah baiknya kalo ada konter penjualan tiket. Jadi bisa jelas kebagian jadwal yang jam berapa. Warga yang ingin naik bandros pun bisa makin nyaman dan lebih tertib. Petugasnya pun juga gak kewalahan dikerumuni sama warga. Lebih keren lagi kalo bisa beli tiket bandrosnya online.

Perjuangan sih naik bandros 10rb ketika mau mendaftarkan nama di petugas. Padahal  saya udah didepan petugasnya, tapi karena karena sering diserobotin sama ibuk-ibuk, terus jadinya dapat urutan kesekian. Gak berani lawan emak-emak kalo soal mengantri gini hahaha.

Ngomong-ngomong kalian udah ada yang pernah naik yang bandros juga gak? Kalau udah, rute yang mana? Share dong di kolom komentar.

Advertisements

2 comments on “Serunya Wisata Keliling Bandung dengan Bandros”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s