Jalan-Jalan ke The Lodge Maribaya

No comments

 

“Masa kita jaga kandang terus nih, jalan-jalan yuk”
“Oke, yuk. Tapi kemana?”
“Hmmm kesini aja yuk, instagramable nih tempatnya, cem korean street gitu”

Ketika makan pagi sambil browsing objek wisata, ide baru pun muncul. Saking exitednya, saya lari-larian di lorong menghampiri kamar linda.

“Eh aku tau kita mau kemana, yang jauh aja sekalian, ke the lodge maribaya aja di lembang.” *sambil nunjukin hasil browsing di hp*
“Ya ampun dikirain ada apa lari-larian, suaranya keras banget.”

Akhirnya rencana jalan-jalan yang telah dibuat sehari sebelumnya pun diubah. Ditambah seorang teman lagi, sekitar jam 9.30 baru berangkat.

Sebagai perantauan, kemana-mana kami mengandalkan transportasi online. Sempat khawatir gak ada yang mau menerima karena lokasinya cukup jauh di Maribaya, Lembang. Orderan pertama ditolak, lalu ganti aplikasi ke grab walaupun sedikit lebih mahal. Setelah 15 menitan, alhamdulillah ada yang mau ambil.

Pagi itu jalanan sepi dan lancar karena libur pilkada. Kami lewat dago giri dan perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit. FYI, biaya grab dari Balai Kota Bandung ke The Lodge Maribaya sebesar 69 rb.

Sampailah kami di depan tulisan besar parkiran the lodge maribaya. Agak ragu sebenarnya turun disana soalnya di gmaps masih berjarak ratusan meter lagi. Kami coba nanya ke petugas parkir yang ada dan akhirnya diarahkan untuk masuk ke area parkir. Biaya parkirnya 15 rb dan langsung bayar.

Eh, ternyata disana cuma lokasi parkir untuk pengunjung the lodge. Dari area parkir, telah disediakan juga transportasi gratis berupa angkot untuk menuju ke lokasi the lodge.

Pengunjung sudah ramai berdatangan sehingga harus mengantri cukup lama untuk bisa menggunakan fasilitas angkot ini. Beberapa pengunjung memilih untuk jalan kaki menuju ke lokasi the lodge.

Jalan ke lokasi the lodge tidak sebesar jalan utama yang dilewati tadi. Setibanya disana ternyata mobil pribadi bisa masuk sampai ke depan gerbangnya. Kalau cuma ngantar doang tenyata gak perlu turun diarea parkir tadi hahahaha. Disana juga ada lahan parkir lama, namun kecil dan cepat penuh.

Di the lodge ada apa? Tempat wisata yang instagramable abiss. Nih bisa di cek langsung di ig the lodge. Harga tiket masuknya 30 rb/orang dan sudah termasuk voucher potongan makan 10rb dan voucher minuman. Saat weekdays buka pukul 09.00-17.00, weekend dan hari libur buka pukul 08.00-17.00.

Oke, satu hal yang saya sadari ketika pertama kali ke the lodge adalah… the lodge ini berada di pinggir jurang! Ya, the lodge ini berhasil menyulap jurang menjadi objek wisata. Inovatif banget! Dari atas balkonnya kita bisa langsung melihat keseluruhan isi the lodge dan menikmati pemandangan yang hutan yang indah.

IMG_0115

Walau lokasinya tidak sebesar yang saya perkirakan, the lodge menyediakan beberapa wahana yang menarik untuk dicoba. Ya, wahananya khusus untuk berfoto saja bukan wahana yang beneran main ekstrim gitu. Ada zip bike, hot air ballon, mountain swing, sky tree, hammock, gantole.

IMG_0320.jpg

IMG_0299.jpg

IMG_0116

IMG_0180

IMG_0316.jpg

Setiap naik wahana mesti bayar lagi. Harga tiketnya beda-beda. Kami sendiri hanya naik mountain swing dan harganya 25 rb per orang. Di tiap wahana disediakan jasa foto dari fotografer resmi the lodge. Hasil fotonya diambil nanti di area pintu keluar. Harganya 10rb per file foto (mahal juga ya tapi mantap juga nih idenya hahaha).


IMG_0144

Setelah puas foto-foto, perut pun terasa lapar. Kami pun ke tenant makanan. Tersedia cukup banyak variasi makanan yang bisa dipilih, mulai dari makanan ringan hingga berat. Harga makanan rata-rata 25 rb/porsi. Karena ada voucher makan, jadinya dapat potongan 10 rb.

IMG_0208

Saya sangat concern dengan kebersihan dan di the lodge ini toiletnya bersih serta airnya juga jernih. Letak mushallanya pun strategis dekat tenant makanan. Mukena di mushalla pun juga cukup bersih. Overall, area wisatanya nyaman dan betul-betul dijaga kebersihannya.

Selesai makan dan solat, kami pun melanjutkan eksplorasi hingga sampai batas akhir kawasan the lodge. Di bagian area lebih bawah, kami menemukan area bermain anak-anak dan restoran. Ada juga taman peri yang tidak terlalu besar namun ciamik buat jadi tempat foto.

 

IMG_0281

IMG_0289

Saat di jalur pulang, kami menemukan penyewaan pondok-pondok untuk beristirahat. Ada juga tempat-tempat penginapan dan area khusus camping yang disediakan the lodge.

IMG_0231

Saat di pintu keluar, voucher minum yang kita dapat saat beli tiket bisa ditukarkan untuk mendapatkan segelas susu. Terdapat juga konter-konter untuk membeli foto yang sebelumnya dipotret petugas saat menaiki wahana.

Pulangnya tidak ada transportasi online satu pun yang mau ambil hahaha. Jadinya kami jalan dulu dari the lodge maribaya ke jalan utama, lalu naik angkot ke pusat kota lembang. Ongkos angkotnya lumayan mahal 10 rb/orang. Kemudian dari kota lembang baru pesan gocar pulang menuju kota bandung.

***

Kalo menurut saya, the lodge maribaya lebih cocoknya buat yang mau hunting foto instagramble. Cocok juga menjadi opsi tempat menginap di lembang dengan view alam bebas-hutan pinus karena di the lodge ini menyediakan area camping dan village.

So, gimana, tertarik gak mengunjungi the lodge maribaya? Kalo ada punya saran tempat wisata lainnya di Bandung atau di Lembang, silahkan share di comment yaa!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s