Pengalaman membuat kartu NPWP di Pekanbaru melalui pendaftaran online

One comment

Kartu NPWP atau nomor pokok wajib pajak diperlukan oleh seorang pegawai atau pemilik usaha sebagai persyaratan administrasi perpajakan. Berdasarkan peraturan, setiap orang yang berpenghasilan/bekerja harus menyisihkan penghasilannya untuk membayar pajak ke negara.

Bila ingin bekerja di instansi pemerintah, wajib memiliki NPWP. NPWP diperlukan oleh seorang pegawai agar bisa menerima gaji. Sebagai warga negara yang baik, setiap bulan sepersekian gaji akan otomatis dipotong melalui instansi/perusaahan sebagai pajak penghasilan.

Dari yang saya baca, NPWP juga menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum lainnya, seperti kartu kredit bank, paspor, pesyaratan lainnya.

Layanan pembuatan npwp saat ini sudah semakin baik. Sedikit surprise ternyata proses pengurusan NPWP sangat mudah, cepat, dan dapat dilakukan secara online. Satu lagi, pembuatan npwp ini Gratis, tanpa dipungut biaya. Lagian kan mau setor duit yak, sudah sewajar pelayanan bagus dong.

Dimana situs daftar onlinenya?  

Silahkan mendaftar di situs berikut ini:
https://reg.pajak.go.id

Tahapannya bagaimana?

  1. Kalau belum punya akun, silahkan mendaftar untuk membuat akun terlebih dulu. Baca dan ikuti semua prosedurnya dengan cermat. Lalu isi semua kolom form dengan benar. Penjelasan pengisin pada petunjuk pengisian sudah cukup jelas.
  2. Masukkan alamat kantor pajak sesuai asal ktp. Kalau saya pilihnya lokasi KPP Pratama Pekanbaru Tampan.
  3. Beberapa KPP di daerah lain ada yang meminta untuk melampirkan surat keterangan (suket) sebagai pegawai. Namun, pengalaman saya di KPP Pekanbaru tidak diminta suket pegawai.
  4. Terakhir klik tombol permohonan.
  5. Kemudian tunggu jawaban permohonan pembuatan npwp tersebut lewat email.
    Saya menunggu satu hari tetapi belum ada balasan juga. Akhirnya karena diperlukan mendasak, saya langsung telepon ke KPP Pekanbaru sesuai yang tercantum di situs pendaftaran yaitu:
    KPP Pratama Pekanbaru Tampan
    (0761) 40846 ; 40836. Saya sampaikan bahwa saya sudah mendaftar online kemarin. Alhamdulillah bisa langsung diproses saat menelepon itu juga. Email balasan langsung masuk dan sudah ada informasi nomor NPWP di email tersebut.
    TIPS: Kalau mau cepat diproses, langsung telepon ke kantor KPP setelah mendaftar online.

    Capture
    Balasan email pendaftaran online npwp
  1. Saat ditelepon juga ditanyakan mau memilih jemput kartunya langsung ke kantor atau dikirim. Saya memilih jemput langsung keesokan harinya karena lebih cepat. Sedangkan kalau mau dikirim membutuhkan waktu 1 minggu karena ada lagi ada problem pengiriman saat itu.
  2. Kartu sudah jadi dan nomor NPWP-nya sudah bisa digunakan.

Sekian tulisan singkat ini semoga bermanfaat. Saya sangat mengapresiasi pelayanan pengurusan NPWP yang saat ini semakin mudah dan cepat. Semoga pelayanan-pelayanan publik lainnya juga menjadi semakin baik dan inovatif.

Advertisements

1 comments on “Pengalaman membuat kartu NPWP di Pekanbaru melalui pendaftaran online”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s