Pengalaman membuat skck di polres kota pekanbaru

One comment

SKCK adalah singkatan dari surat keterangan catatan kriminal yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat. Skck diperlukan sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk melamar pekerjaan. Walaupun kini sebagian perusahaan non konvensional misalnya start up atau perusahaan baru nan modern sudah jarang meminta skck, ga ada salahnya tau bagaimana cara membuat skck.

Mengapa membuat skck?

Mostly, untuk melamar pekerjaan. Dapat info juga dari sesama yang membuat skck, asli saya kaget ternyata skck diperlukan juga untuk persyaratan dokumen menikah bila menikah dengan tentara. Mulai dari pasangannya hingga orang tua calon besan juga harus mempunyai skck. Nikah juga butuh skck ternyata :”.

Darimana dapat info akurat membuat skck?

Langsung saja baca di situs resmi https://skck.polri.go.id . Persyaratan untuk pembuatan skck di seluruh daerah di indonesia sama.

Tiap daerah mungkin prosedurnya beda-beda tipis. Di situs tersebut, ada pendaftaran dan pengisian data skck secara online. Eh ternyata di pekanbaru daftarnya ga pake situs itu. Polres pekanbaru punya link sendiri untuk pengisian datanya.

 Untuk detailnya akan dibahas di paragraf lain.

Dimana bisa membuat skck di pekanbaru?

Dari info di situs resmi, skck bisa dibuat di polsek, polres, polda, dan mabes polri. Level instansi yang mengeluarkannya bisa beda-beda tergantung keperluan. Untuk cpns sendiri, skck dikeluarkan minimal oleh polres kota.

Walaupun di situs resmi polri menyebutkan bahwa skck dapat dibuat di polsek, tapi mungkin setiap daerah beda kebijakannya. Sepengetahuan saya, untuk yang memiliki ktp pekanbaru, pembuatan SKCK dilakukan di polresta pekanbaru. Jadi saran saya, buat skck di polresta pekanbaru saja, karena di polsek belum tentu bisa. Untuk yang ber-ktp di luar pekanbaru atau riau, tidak dapat membuat skck di kantor polresta pekanbaru tersebut.

Alamat polresta pekanbaru:
Jl. Jend. Ahmad Yani No.11, Senapelan (dekat pasar kodim)

Capture3.JPG
Tampak depan kantor Polresta Pekanbaru (Sumber: https://www.google.co.id/maps)

Biaya pembuatan skck?

Hanya Rp 30.000 dan bayarnya di loket yang ditentukan.

Data pendukung untuk membuat skck?

Dokumen persyaratan untuk membuat skck di Polresta Pekanbaru yaitu
1. Fotocopy ktp atau surat keterangan e-ktp
2. Fotocopy kk
3. Pas foto 4×6, 6 lembar, latar belakang merah

*Hanya yang diatas saja. Surat pengantar dari rt, rw, kelurahan dll sudah tidak diperlukan lagi.

Proses membuat skck di polresta pekanbaru?

Saya jabarin nih prosesnya secara detail beserta tips-tipsnya. Dari luar gedung, kelihatan di sisi sebelah kiri gedung ada tulisan besar loket pelayanan skck. Kalau bingung bisa tanya petugas yang jaga di depan gerbang.

Datang pagi-pagi, jam 8 kantor sudah buka. Saya saja yang datang jam 9 ternyata sudah ramai banget disana. Sekitar jam 10  formulir sudah habis dan tidak bisa mendaftar lagi hari itu. Konsekuensinya yaitu datang lagi esok hari.

Disana ga ada ambil nomor antrian. Jadi pas baru datang, saya agak bingung juga melihat orang berkerumun di salah satu loket. Walaupun sudah baca-baca juga prosesnya di internet, tapi tetap perlu juga nanya orang. Papan informasi proses pengurusan skck yang dipasang disana juga kurang update. Jadi mending langsung nanya orang aja atau petugas kalau ada.

*Tips buat cewe: datang ditemenin saudara laki-laki. Banyak banget cowo yang berkerumun depan loket. Cewenya dikit banget, bisa dihitung jari. Ga enak cuy ngantri ditengah kerumunan cowo. Jadi mending minta bantuan saudara cowo deh buat ngantri.

**Kenapa orang banyak berkerumun? Kenapa ada ngantrinya berdiri? Soalnya di loket rekam sidik jari, menunggu petugas manggilin nama kita lagi. Ga ada pengeras suara juga jadi kalau duduk ga kedengaran sehingga mesti berdiri dekat-dekat dengan loketnya :”.

Secara garis besar alur prosesnya yaitu:

  1. Pertama, mendaftar ke loket rekam sidik jadi (bisa dilihat loket ini yang paling mencolok ramenya). Supaya diberikan formulir oleh petugas, serahkan pas foto 4×6 2 lembar dan fotocopy ktp. Letakin aja di meja petugas itu soalnya petugasnya sibuk cuma satu orang.Btw, untuk letakinnya aja susah penuh perjuangan  karena banyak orang berkerumun. Oleh karena itu, minta tolong aja ke orang yang berada didepan kita untuk dioper letakin di meja petugas.
  2. Formulirmya ga langsung dapat. Kita harus menunggu lagi sampai dipanggil petugas. Saat dipanggil, petugasnya akan memberikan kita 2 formulir untuk diisi.
  3. Isi formulir selengkap-lengkapnya. Petunjuk pengisian ditempel di dinding sebelah kaca loket pendaftaran tersebut. Selain itu, ternyata di dinding luar gedung juga terdapat petunjuk pengisiannya. Baca petunjuk pengisiannya dengan cermat dan tepat!! Kalau ada sedikit kesalahan apapun itu entah kosong atau salah mengisi, formulir akan dikembalikan lagi oleh petugas.
  4. Kalo udah yakin terisi semua dan sesuai, serahkan formulirnya ke loket pendaftaran lagi untuk dicek petugas.
  5. Menunggu lagi lumayan lama sampai berkas kita mendapat giliran untuk dicek. Kalau berkas kita udah benar, berkas langsung diserahin ke meja selanjutnya oleh petugas pendaftaran pertama. Kalau kurang lengkap akan dipanggil lagi dan disuruh perbaiki. Trus masukin lagi berkas dan menunggu lagi giliran untukdicek petugas. (Kan berabe jadinya kelamaan nunggu sambil tegak)
  6. Menunggu lagi giliran untuk dipanggil rekam sidik jari. Posisi ngantrinya berbeda yaitu agak bergeser ke kanan loket, persis di depan pintu. Lumayan lama menunggu giliran saat proses ini.
  7. Sambil menunggu, isi data http://www.satintelkampku.com . Isi setiap kolomnya secara lengkap. Selain kolom yang tidak ditandai tanda bintang, ga masalah ga diisi. Untuk kolom kode sidik jari ga masalah dikosongkan karena memang belum ada.
  8. Melakukan perekaman sidik jari. Setelah sidik jari diambil akan berikan selembar kertas oleh petugas.
  9. Lanjutkan proses ke loket kedua (pencetakan dan pengambilan skck) yang terdapat pengeras suaranya. Di kaca loket tersebut terdapat petunjuk prosedur selanjutnya. Di loket ini, serahkan foto 4×6 4 lembar, lembar rekam sidik jari, fotocopy kk, dan uang 30rb kepada petugas.

    Capture2.JPG
    Loket pengambilan skck (Sumber: https://www.google.co.id/maps)
  10. Proses pencetakan SKCK. Hari itu juga skck langsung dicetak. Di tahapan terakhir ini bisa duduk dengan nyaman karena ada pengeras suaranya haha.
  11. Skck sudah jadi dan bisa diambil deh. Saat pengambilan skck, petugas juga memberikan kertas feedback tentang pelayanan skck tersebut.
  12. Kalau mau legalisir, cukup serahkan fotocopy skck. Layanan legalisir setelah jam istirahat dibuka kembali pukul 2 siang.

Lama pembuatan skck dari awal hingga akhir?

Waktu yang perlu disediakan untuk pembuatan skck kira-kira 2 jam untuk newbie yang baru pertama kali mengurus skck. Kalau sudah tau prosesnya, bisa lebih cepat dan gesit bahkan mungkin dalam 2 jam kurang sudah selesai.

Saya sangat terbantu dengan layanan pembuatan SKCK di pekanbaru yang sudah semakin baik. Namun alangkah lebih baiknya jika dibuat sistem antrian (misalnya dengan nomor antrian) sehingga antrian lebih tertib dan masyarakat dapat lebih nyaman.

Advertisements

1 comments on “Pengalaman membuat skck di polres kota pekanbaru”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s