Tips anakost: memilih 7 barang yang perlu ada agar kamar kostmu menjadi rapi

No comments

Setelah menemukan kamar kost yang sesuai, hal-hal lain yang perlu dilakukan adalah memilih barang-barang kost yang sesuai dengan keperluan. Ruangan kamar kost yang terbatas harus diatur sedemikian rupa agar barang-barang kost muat dan tidak malah jadi sesak. Berikut ini barang-barang kost yang kiranya dibawa/dibeli seperlunya.

1. Bawa baju, sepatu, tas secukupnya.

IMG_20171106_134916

Buat yang dari daerah, saran saya bawa bawa baju seperlunya saya. Di kota yang baru kalian juga tentu ingin beli baju baru dong, apalagi kalau banyak diskonan. Di awal-awal ngekost, kalian bisa manfaatin laundry yang satu hari selesai. Banyak bawa baju bikin repot bawanya, koper juga jadi makin berat. Saran saya, maksimal bawa saja baju yg cukup seminggu, 1 seprai, 1 sepatu , 1 sandal, 1 tas punggung, 1 tas jalan.

2. Peralatan makan dan alat dapur yang seperlunya.

_20171106_142255

Cukup 1 piring dan 1 mangkok. Prinsip makin banyak alat makan makin banyak yang harus dicuci. Minimal punya 1 panci kecil buat masak indomie.  Dapur bersama di kosan biasanya sudah terdapat beberapa alat masak.

3. Box gede yang bisa bongkar pasang

 

Cocok buat tipe yang suka kebersihan tapi malas untuk bersih-bersih. Alat makan dan barang yang terletak terbuka mudah berantakan dan cepat berdebu. Nah saran saya, kalian simpan barang-barang tersebut di box tertutup yang cukup besar biar ga berdebu. Pilih box yang berbahan plastik dan bisa dibongkar pasang. Box pertama yang cukup besar dan terdiri dari banyak laci; laci 1 untuk menyimpan peralatan makan, laci 2 untuk menyimpan snack/bahan makanan, laci 3 untuk menyimpan peralatan listrik seperti setrika, hairdryer, kabel-kabel, dsb, laci 4 untuk menyimpan alat-alat nyuci dan kebersihan seperti rinso, alat mandi, sabun cuci piring, semprotan kecoa, plastik-plastik sisa pembungkus barang (bagi yang suka nyimpen) dll, dan yang laci terakhir optional yaitu buat nyimpan sepatu kalau sepatu kalian banyak. Box selanjutnya yang harus disediakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting, kuliah, dan kerja kalian, alat-alat tulis, dll. Sebaiknya box satu lagi berukuran rendah jadi atasnya bisa dimanfaatin buat letak rice cooker, gelas, dan barang-barang sementara.

4. Rak plastik gantung

Selain buat nyimpan makanan, laci-laci tersebut bisa dimanfaatin buat nyimpan barang-barang ukuran kecil seperti obat-obatan, jarum pentul, aksesoris, alat tulis, ikat rambut, alat-alat make up, dll. Barang jadi rapi, bersih, dan saat cepat ditemukan.

5. Matras

20171106_142227.jpg

Ini penting banget saat pengen gogoleran di lantai. Bermanfaat juga saat ada teman dan keluarga yang berkunjung. Pilih matras berwarna gelap agar rambut rontok yang berserakan di lantai tidak kelihatan.

6. Jemuran handuk

Jemuran Baju / Jemuran Handuk Nagata Stainless NGT 314L
Sumber: http://www.tokopedia.com

Buat jemur handuk, pakaian dalam, sapu tangan, kaos kaki, dll. Tinggal jemur depan kamar biar ga usah capek bolak balik naik turun tangga untuk jemur pakaian yang sedikit. Useful banget apalagi saat musim hujan atau pakaian masih lembab.

7. Box serbaguna

20171106_142325.jpg

Beberapa tipe orang ada yang suka nyimpan plastik bekas belanjaan. Sebagai anak kost, jumlah plastik bertambah terus setiap hari. Kalau dibuang rasanya juga sayang karena bisa dimanfaatin. Nah biar keliatan rapi, ada baiknya disimpan dalam box agar tidak kelihatan. Bagian atasnya bisa dimanfaatin juga buat tempat duduk atau letak barang lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s