Tips anakost: #memilih kamar kost

No comments

Kali ini saya mau bagi tips dalam memilih kamar kost berdasarkan pengalaman saya menjadi anak kost selama lebih 4 tahun di Bandung. Well, kebutuhan kamar kost tiap orang beda-beda dan sesuai budgetnya masing-masing. Apalagi di Bandung, masih tergolong mahal euy bagi saya yang anak daerah ini. Kalau mau dapat kamar yang bagus tentu ada biaya lebih yang dikeluarkan. Ini ada tips-tips dari saya supaya kalian tepat milih kamar sehingga bisa hidup sejahtera selama perkuliahan atau bekerja. Bagi saya yang tipe malas pindah-pindahan, milih kamar itu bagaikan milih rumah, butuh mikir-mikir detail juga! Hahaha!

  1. Cari tau fasilitas properti dalam kamar apa aja.

Ini merupakan pertanyaan yang kudu wajib kalian cari tau secara detail. Kamar kost standar biasanya ada kasur, lemari, meja dan kursi belajar. Cek apakah fasilitas tersebut masih baru dan bisa digunakan. Kebanyakan kostan sekarang ini hanya menyediakan kasur saja di lantai dan tanpa dipan.  Coba tanya pemilik kost, apa bisa mengganti/menambah property tersebut, misalnya tambahin dipan tempat tidur. Kalau ada tempat tidur yang memiliki kolong, kalian bisa manfaatin tu kolongnya buat simpan barang-barang biar kamar kalian jadi lebih lega.

  1. Cek sinyal hp di dalam kamar.

Penting banget! Menurut saya sih percuma aja kostan murah atau bagus tapi eh ternyata sinyal hp ga ada dalam kamar. Mungkin di ruangan tengah atau luar kostannya masih dapat sinyal, tapi pas masuk kamar sinyal malah ga ada sama sekali. Ini beneran pengalaman pribadi. Lokasi dan struktur bangunan kost menentukan kekuatan sinyal. Apalagi kost yang bertingkat, tertutup, dan disekelilingnya juga ditutupi bangunan tinggi, biasanya ada kamar-kamar yang susah sinyal seperti kamar yang dipojokan atau di lantai 1.

  1. Cek peraturan kosan. Keluarga boleh menginap? Jam malam?

Buat para aktivis, yang hobi berorganisasi, yang sering pulang malam, penting buat cek jam malam kosan. Ga mau kan sampai ke kunci di luar karena pulang melewati jam malam? Selain itu cek juga apakah di kost tersebut teman, saudara, atau keluarga boleh menginap. Cek juga apakah saudara/keluarga/teman laki-laki atau perempuan boleh masuk ke dalam kost (misal buat yang kosan khusus cewek/cowok saja). Ada kost yang kadang peraturannya ketat banget, misal orang tua cuma boleh menginap 3 hari atau kalau ada saudara/teman/keluarga menginap ada kena biaya tambahan.

  1. Cek fasilitas tambahan. Ada wifi, laundry, bersih-bersih, dapur, kulkas, mesin cuci bersama dan lain-lain?

Internet udah jadi kebutuhan banget sekarang. Buat ngerjain tugas, buat streaming nonton, download, dan hiburan. Tau sendirikan anak kost jarang punya tv. Jadi ya hiburannya dari internet. Kalau pake kuota hp kan beban banget tu, apalagi paketan internet 4G streaming nonton dan sebagainya paling banyak tengah malam. Pertimbangkan juga apakah ada dapur bersama dan kulkas bagi kalian yang suka masak-masak. Selain itu buat kalian yang suka bersih, cek juga di kost tersebut apakah ada bibi yang bersih-bersih kost ga, yang rutin bersih-bersihin dapurnya.  Nah satu lagi, ada tambahan jasa laundry-nya juga atau engga. Kalau butuh banget, pilih kost yang udah termasuk laundry dan beres-beres kamar.

  1. Cek sirkulasi udara.

Ini penting banget buat kesehatan. Cek apakah ada jendela yang mengarah keluar. Cek apakah sirkulasi udaranya lancar dan ga sumpek. Kamar yang tertutup dan jarang dibuka pintunya kadang bisa jadi lembab. Udara di dalam kamar jadi ga bagus dan bisa jadi bau. Lebih repotnya lagi kalau kamar yang lembab bisa tumbuh jamur di properti yang terbuat dari kayu, misal di dalam lemari, meja belajar, rak-rak buku, dan barang-barang dari kayu yang berada di dekat tembok yang dingin.

  1. Pilih kamar yang strategis.

Kalau kalian suka masak, pilih kamar yang berada satu lantai dengan dapur. Kalau sering nyuci baju sendiri, pilih kamar yang satu lantai dengan tempat jemuran. Kalau sering-sering pergi keluar beli makan, cari kamar yang paling dekat dengan pintu keluar. Kalau ga suka diliatin dana man dari orang yang lalu lalang, pilih kamar yang jarang dilewatin orang (biasanya kamar paling ujung). Intinya cari posisi kamar yang sesuai kebutuhan dan kebiasaan aja.

  1. Pilih kost yang dekat dengan tempat makan dan kebutuhan primer lainnya.

Buat kamu yang emang lebih senang di dalam kamar kost atau bekerja menyelesaikan tugas-tugas di dalam kamar, sebaiknya pilih kost yang dekat dengan tempat makan, tempat jajan harian, dan laundry. Sesibuk-sibuk apapun harus tetap makan. Jangan keseringan puasa karena alasan mager tempat makan jauh. Selain itu, cari juga lokasinya yang terdapat laundry apalagi kalau tempat laundry nya terima anter jemput baju. Nah, alasan utama saya betah tinggal di jalan pelesiran bandung ya karena tempat makannya dekat banget dan ada tempat jajan yang buka 24 jam. Ini penting loh kalau kelaperan tengah malam dan tempat makan udah pada tutup.

Kalau masih bingung ga nemu kamar yang memenuhi semua kriteria di atas, saya saranin kalian bikin list prioritas. Terus dari pilih-pilihan yang ada kalian bandingin mana yang paling menguntungkan bagi kalian. Nah, sekian sedikit tips-tips dari saya. Semoga bagi yang baru-baru ngekost bisa survive dan hidup tentram ya dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s