Sabtu Sore di Chinatown Bandung

2 comments

Entah ada angin apa, tiba-tiba seorang teman lama chat saya untuk join trip bersama mereka. Tanpa destinasi yang pasti, pergilah kami ke tempat yang penuh kesejukan, apalagi kalau bukan mall. Setelah puas menonton film korea yang lagi promo karena bagian dari acara Korean Festival pada minggu itu, dengan panduan google maps, ditemukanlah destinasi selanjutnya yang sangat dekat dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Here we go, Chinatown Bandung yang (masih) happening!

Chinatown berlokasi di tempat yang strategis yaitu di Jalan Kelenteng 41 yang dekat Jalan Cibadak dan sangat dekat dengan Pasteur Hyper Square (PHS). Jalan Cibadak tersebut sepertinya memang setiap hari padat apalagi saat jam pulang kantor ataupun weekend. Untungnya dengan berjalan kaki dari PHS, kemacetan tersebut pun tak terasa dan karena saking dekatnya tau-tau sudah sampai. Sayang jalan untuk ke tempat ini tidak terlalu besar sehingga mungkin agak sulit mencari lokasi parkir mobil yang benar-benar pas di depan tempatnya. Untuk parkiran motor, cukup mudah dan tersedia banyak.

Dari luar bangunannya kece, dihiasi banyak lampion-lampion. Saat malam hari, warna-warni lampion ini semakin menyemarakkan langit malam.

IMG_20170916_185838 (2)
Tampak depan bangunan Chinatown saat malam hari

Chinatown buka setiap hari, weekday dari dari jam 14.00 hingga 22.00 dan saat weekend buka dari jam 12.00-24.00. Untuk dapat masuk ke dalam Chinatown, harus membeli tiket terlebih dahulu di counter seharga 20ribu pada hari weekend. Selain itu, pengunjung juga mendapat satu potong kue cemilan selamat datang.

Ada apa aja di Chinatown? Apalagi kalau bukan tempat kece untuk selfie-selfie dan intagramable di jaman sekarang ini. Jangan mengira disini hanya menjual makanan chinese, beragam makanan ringan dan berat, jajanan, roti, minuman, roti dan sebagainya dijajakan disini. Penjual dan pekerjanya dari berbagai etnis.

Menurut yang saya baca dari beberapa website, di dalam chinatown terdapat 77 kios yang berasal dari UMKM Kota Bandung dan semua makanannya halal. Nama konsep tempatnya saja yang Chinatown.

Menurut  saya, tempat ini cocok untuk mencuci mata, melihat keindahan seni dari konsep dan desainnya yang unik untuk dinikmati wisatawan. Apalagi di Indonesia masih jarang yang seperti ini. Mungkin yang beneran asli serupa chinatown singapura nya bisa ditemukan di daerah lain misalnya di daerah kepulauan bintan.

IMG_20170916_170300

IMG_20170916_172343
Ornamen-ornamen yang menghiasi chinatown

Untuk berbelanja di dalam Chinatown hanya bisa melalui kartu debit. Semua jenis kartu debit bisa digunakan dan tanpa dikenakan charge. Dari informasi yang didapat dari penjaga salah satu stand makanan, katanya memang peraturan begitu. Sistem belanja seperti ini sejujurnya baru pertama kali saya temukan di Bandung.

Menurut saya ini inovasi yang bagus, uang jual beli jadi aman dan pas karena hal ini dapat meminimalisir human error. Selain itu tidak perlu repot-repot juga cari kembalian. Perkembangan di masa depan juga mungkin orang-orang di Indonesia akan sudah jarang pake uang tunai. Lebih praktis bawa kartu atm aja kemana-mana. Lagian juga mana ada sih masyarakat dewasa sekarang yang ga punya kartu atm/debit. Kecuali mungkin anak-anak kecil dan remaja smp, mereka harus pergi dengan orang tuanya.

Selain stand makanan, juga ada stand untuk membeli merchandise yaitu dekat pintu masuk dan dekat pintu keluar. Dari hasil screening sekilas, merchandise atau kerajinan tangan yang dijual unik dan kebanyakan tentu berhubungan dengan konsep chinatown juga.

Disediakan cukup banyak kursi untuk menikmati suasana chinatown. Disana juga terdapat panggung untuk live music. Live music dimulai dari jam 18.30. Banyak penyanyi-penyanyi lokal yang mengisi penampilan. Ada yang soloist, ada juga yang group. Ah sayangnya saya tempat tersebut outdoor dan ada bapak-bapak yang merokok duduk di sebelah meja kami. Jadinya saya kurang bisa menikmati suasana outdoor tersebut. Saat menjelang malam semakin banyak muda-mudi yang datang untuk nonggkrong sambal menikmati live music. Setelah puas makan dan melihat-lihat kami pun pulang.

IMG_20170916_172426
Panggung live music dan kursi-kusi yang mengelilinginya

Yah begitulah sekilas jalan-jalan singkat di akhir pekan minggu lalu.

 

Advertisements

2 comments on “Sabtu Sore di Chinatown Bandung”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s